Banyak yang mengeluh kala menyeting caliper disc brake (cakram), caliper ogah menjepit kuat piringan cakram meski master sudah dikocok berulang kali dan minyak rem sudah keluar dari jalur pernapasan caliper. Butuh waktu lama dan bikin kesel apalagi waktu memasang caliper 4 piston.
Kenapa problem itu bisa terjadi? Ternyata karena ronngan minyak rem dalam caliper lebih banyak serta perlu aliran mnyak yang sempurna untuk keempat piston. Penyebab utamanya adalah masih adanya angin yang ngendon didalam caliper sehinnga minyak rem tidak berfungsi maksimal mendorong piston caliper.
Nih ada cara cepat menseting caliper hanya bermodal selang transparan kecil seukuran baut penutup saluran pernapasan caliper:
1. Posisikan jalur pernapasan caliper pada posisi paling atas agar udara lebih cepat keluar seperti sifat gelembung air. Berguna juga agar tidak ada lagi udara yang tersisa di dalam caliper.
2. Penuhi minyak rem pada tabung master dan biarkan tetap membuka agar sirkulasi minyak lebih cepat turun ke caliper.
3. Kendorkan baut pernapasan caliper dan pasangkan selang pada baut tersebut lalu sedot sampai minyak rem keluar tanpa keluar ada gelembung udara. Dengan menggunakan selang transparan akan lebih mudah memantau gelembung air sudah keluar dari dalam caliper.
Dengan cara ini minyak rem akan lebih cepat mengisi celah piston caliper serta mempercepat keluarnya udra dalam caliper yang menyebabkan rem kurang pakem. Yang harus diperhatikan tabung minyak rem pada master cakram jangan sampai kehabisan minyak karena akan menyebabkan angin menerobos ke dalam caliper lagi.
Met mencoba……………
Kenapa problem itu bisa terjadi? Ternyata karena ronngan minyak rem dalam caliper lebih banyak serta perlu aliran mnyak yang sempurna untuk keempat piston. Penyebab utamanya adalah masih adanya angin yang ngendon didalam caliper sehinnga minyak rem tidak berfungsi maksimal mendorong piston caliper.
Nih ada cara cepat menseting caliper hanya bermodal selang transparan kecil seukuran baut penutup saluran pernapasan caliper:
1. Posisikan jalur pernapasan caliper pada posisi paling atas agar udara lebih cepat keluar seperti sifat gelembung air. Berguna juga agar tidak ada lagi udara yang tersisa di dalam caliper.
2. Penuhi minyak rem pada tabung master dan biarkan tetap membuka agar sirkulasi minyak lebih cepat turun ke caliper.
3. Kendorkan baut pernapasan caliper dan pasangkan selang pada baut tersebut lalu sedot sampai minyak rem keluar tanpa keluar ada gelembung udara. Dengan menggunakan selang transparan akan lebih mudah memantau gelembung air sudah keluar dari dalam caliper.
Dengan cara ini minyak rem akan lebih cepat mengisi celah piston caliper serta mempercepat keluarnya udra dalam caliper yang menyebabkan rem kurang pakem. Yang harus diperhatikan tabung minyak rem pada master cakram jangan sampai kehabisan minyak karena akan menyebabkan angin menerobos ke dalam caliper lagi.
Met mencoba……………
Klu master rem ny brembo yg ada nipel ny jg. Gmn itu setel nya
Klu master rem ny brembo yg ada nipel ny jg. Gmn itu setel nya
Kalo pake master rem std dealer kalipernya nissin monoblok itu ngaruh ga min?
Engga gan ane juga pake
Ane juga nih. Master rem standar, tp kaliper nissin 4 piston ga bisa" knp yee
Hu mau tnya , kaliper monoblok nissin 4p biar rem nya pakem gmn ya?
Ni kok di pompa2 dah 2x sm aja g bs cetek rem nya 🙏 , itu pompa pembuangan nya ad di bawah punyaku, jd gmn?